Thursday, October 22, 2009

FW: Maju Terus Mengalahkan Ketakutan

Ada berbagai macam tanggapan orang dalam menghadapi ketakutan mereka. Inilah yang dialami bangsa Israel saat keluar dari perbudakan di tanah Mesir (Keluaran 14:9-15). Sementara mereka tiba di tepi Laut Merah (Teberau), pasukan Mesir mengejar mereka dari belakang.

Ada 4 kelompok orang yang memberi tanggapan berbeda:

1. Isolasionis
Sebagian orang memilih untuk mengisolasikan diri mereka dari masalah yang datang di hidup mereka. Mereka mencoba bersembunyi dari masalah mereka dan menyibukkan diri dengan kegiatan lain, bahkan dengan kegiatan yang seolah ‘rohani’. Pada mereka, Musa berkata ‘Janganlah takut!’ Permasalahan bukanlah untuk kita hindari, namun untuk kita hadapi.

2. Kompromis
Kelompok orang yang lain memilih untuk ‘kembali ke Mesir’ dan berkompromi dengan tekanan dunia yang mereka alami. Akibatnya, perbuatan mereka pun sungguh serupa dengan pola dunia ini. Pada kelompok ini, Musa berkata ‘Kamu tidak akan melihat Mesir lagi!’. Sesungguhnya Tuhan memanggil kita untuk berubah sesuai dengan Firman Tuhan (Roma 12:2), bukannya menjadi serupa kembali dengan dunia ini. Kemenangan kita ada di depan dan bukan di masa lalu kita.

3. Konfrontasionis
Orang-orang dalam kelompok ini memilih untuk ‘bertempur melawan tentara Mesir’. Mereka memilih untuk memerangi segala hal. Tuhan tidak memerintahkan kita untuk selalu berkonfrontasi dengan segala sesuatu, termasuk masa lalu kita. Hal itu hanya akan menguras tenaga kita saja. Musa berkata ‘Tuhan akan berperang bagi kita!’ Jadi, tidak semua hal harus kita perangi.

4. Fatalis
Orang-orang semacam ini memilih untuk ‘pasrah saja pada Tuhan’. Secara sepintas hal ini tampak ‘rohani’, namun sesungguhnya Tuhan tidak ingin kita berdiam diri saja. Jangan hanya duduk dan menunggu saja! Ada bagian yang harus kita lakukan. Laksanakan saja apa yang Tuhan perintahkan untuk Anda lakukan tanpa perlu berdebat! Tuhan menyuruh Musa untuk berkata pada mereka agar berangkat! Maju ke depan dan buatlah langkah iman!

Dunia ini mungkin memang tidak bersahabat, namun kita harus memenuhi panggilan kita untuk menjadi terang dan memberi dampak. Saat kita menghadapi tantangan baru, janganlah takut! Lakukan saja langkah pertama Anda karena Tuhan sudah menyiapkan keajaiban di depan Anda!

Oleh: Ps. Markus Simanjuntak

Info:
Jika Anda butuh:
1. Jasa Design Hotel, Villa, Spa, Resort, Landscape klik www.GunardiSaputra.com/Presiska atau hubungi Ardi di 08558827222

2.Peralatan makan Stainless Steel: Sendok Makan, Sendok Teh untuk usaha Anda (buka restoran atau catering) maupun untuk kegiatan promosi pemasaran Anda (pemberian hadiah atas produk dagangan Anda), hubungi: Ardi di 08558827222

3.Rekomendasi Saham klik www.GunardiSaputra.com

4.Promosi dengan Sendok Makan Stainless klik gl_trading.indonetwork.co.id
promosi Anda ya Sendok Makan atau Sendok Teh saja...